Home Rocky Garong SELAMAT PAK PRABOWO, PANGGUNG DEBAT CAPRES 2019 MILIK ANDA

SELAMAT PAK PRABOWO, PANGGUNG DEBAT CAPRES 2019 MILIK ANDA

<1045

Oleh : Okky Ardiansyah

Analis Annas Digital

Ketenangan Patahana tak dimiliki Jokowi, ia menyerang bak Banteng terluka, itu bukan tipikal patahana yang sukses dalam memimpin, ia tak mengexplore data. Pertahanan terbaik adalah dengan menyerang, bisa jadi itulah yang sedang dimainkan tim dibelakannya.

Hal ini sebenarnya tak aneh, jika kita ikuti bagaimana gaya pendukung Jokowi maupun tim pemenangannya dalam banyak kesempatan debat di televisi, tak jarang menyerang personal untuk menutupi substasi yang hendak diangkat lawan debat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemerintahan Jokowi juga ditopang dengan banyak media arus utama yang selama ini dinilai tidak netral, salah satunya sebut saja Metro TV, misalnya, yang sangat jelas dalam pemberitaan tidak menerapkan keberimbangan. Banyak kegagalan dalam lima tahun pemerintahan yang tidak terekspose dengan jujur.

Pola-pola semacam ini agaknya digunakan dalam konsep Debat Pilpres sesi pertama yang hingga hari ini masih menyisakan komen beragam di media sosial pun di media arus utama .

Saya menilai dari pola-pola jawaban yang digunakannya , bahkan dibeberapa sesi sangat terasa tidak tepat (tidak nyambung) dengan pertanyaan yang diajukan Prabowo. Bluffing (menggertak) dalam forum hal demikian sangat wajar, bagi praktisi forum pasti memahami .

Dalam sebuah sesi ketika ia mengatakan tidak memiliki beban masa lalu, hal tersebut justru menggabarkan bahwa ia hendak lepas dari beban berbagai kegagalan dan janji kampanya 2014 yang tidak terpenuhi, tentunya hal itu menjadi pokok utama pembahasan tim debatnya, dan munculah kalimat tersebut yang harus diucapkan : "saya tidak memiliki beban masa lalu."

Kalimat itu Sangat terasa dipaksakan dalam momentum penggunaan-nya, relatif tidak nyambung untuk menjawab pertanyaan Prabowo, saya menilai Jokowi tak berdebat, ia sedang berkampanye malam itu.

Saya merasa kehilangan Jokowi yang 2014 lalu dengan keluguannya mampu mencuri hati rakyat indonesia. Kini, saya menyaksikan senyum sinis tersungging dari bibirnya, mungkin berlebih jika saya gunakan kalimat bengis, namun jujur, itu yang saya rasakan. Saya tidak pernah menduga ia akan memunculkan ekspresi bibir miring sinis itu.

Malam itu saya menyaksikan Prabowo justru begitu berbeda, ada ketenangan SBY kini tampak di dirinya, ketenangan yang mampu menyihir rakyat Indonesia dengan persona kewibaawaannya.

Saya kehilangan Jokowi, kehilangan ke-Indonesiaan yang dahulu walapun mungkin itu semu tapi mampu ia tampilkan dengan sempurna. Selamat datang pak Prabowo, panggung kali ini milik anda.

#PrabowoIndonesiaMenang

#17AprilCoblosNomer2

TRENDING

VLOG