Home Muh Ilham Daftar 4 Band Indie Produktif dari Makassar

Daftar 4 Band Indie Produktif dari Makassar

<1012

Makassar tidak hanya memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun juga para pemuda pekarya aktif dengan lagu-lagu ciptaan sendiri. Tidak sedikit sudah memiliki album dan digandeng oleh brand-brand ternama.

Band-band indie hadir dengan musik anti mainstream dan tidak sedikit yang banyak menjadi penggemar dari band tersebut. Komponen yang tidak terlalu berat, mudah didengar, dilantunkan, dan liriknya mengandung makna yang dalam. Sangat berbeda dengan musik-musik pada umumnya.

Pecinta musik indie ini, kebanyakan oleh anak muda. Para band yang berjalan dijalur indie harus siap menantang tantangan. Tantangan tersebut muncul dari mana saja, band indie harus mampu berdiri sendiri.

Mulai dari memikirkan konsep, rekaman lagu, hingga kepada tahap proses pendistribusian cd. Hal tersebut dilakukan secara independen dan tidak bergantung pada pihak manapun.

Namun, sisi baik dari menjadi independen adalah para pekarya musik dan lagu bisa mengeksperisakan kemauan dalam bermusik. Bukan bergantung kepada kemauan khalayak ramai. Mungkin itu merupakan salah satu alasan, para musisi memilih berjalan dijalur indie.

Seperti yang dikutip oleh tribunnews.com (12/02/2019), berikut empat bandĀ indieĀ Makassar yang terus aktif berkarya :

1. Makassar Rock Steady

Band ini beranggotakan sembilan orang, yang terdiri dari satu orang vokalis, dua orang gitaris, basis, keyboardist, tiga pemain saksofon, drummer. Meski memakai kata rock di nama mereka, band ini bergenre Jamaican Jazz Ska. Merilis album perdananya dengan judul Shake Your Body, April 2017.

Perjalanan Makassar Rock Steady bukan waktu sebentar. Mereka telah menjajaki dunia musik bersama sejak tahun 2012. Masih kerap aktif dalam berbagai event dan kegiatan musik lainnya.

Nama Personil yakni Gitaris Rusminnuryadi, saksofon Kurniawanyasi, vokalis Randy, gitaris Aidil Aryanto, drummer Wahyu, dan trompet Wawan.

2. Kapal Udara

Band ini beranggotakan Muhammad Ayat (Vokalis/Gitaris), Saleh Hariwibowo (Gitaris), Mardhan Maing (Bassis) dan Bobby Pramusdi (Drummer/Cajon). Bergenre folk, band ini telah mengeluarkan mini album pertama berjudul Seru Dari Hulu tahun 2017.

Semua isi dalam lagu tersebut menceritakan tentang filosofi nuansa agraris. Dapat dilihat dari judul-judul lagunya seperti Menanam dan Melaut ciri khas aktivitas masyarakat pesisir dan pedesaan. Kapal Udara kerap manggung di even ternama di Makassar, bahkan diluar kota.

3. Ska With Klasik

Band ini cukup unik, mengapa? karena mereka memilih corak musik ska. Musik seperti ini mengusung irama enerjik. Dijamin membuat anda bergoyang.

Ska With Klasik beranggotakan tujuh orang. Mereka adalah Dede (Vokal/Bass), Restu (Terompet), Aswan (Drum), Indra (Keyboard), Aan (Terompet), Arga (Trombone) dan Ayi (gitar).

Terbentuk sejak 2010, Dede dan kawan-kawan baru merilis satu album bertajuk sehari denganmu.

4. Theory Of Discoustic

Theory Of Discoustic turut mengusung warna musik yang tidak biasa. Aktif sejak 2010 mereka memainkan nuansa irama tradisional khas bugis yang dipadukan dengan jenis musik folk.

Anggotanya terdiri dari Dian Megawati (Vokal/Harmonika), duet gitaris Reza Enem dan Nugraha Pramayudi, Fadly FM (Bass), Hamzarullah (Drum/Perkusi), Adriady Setia Darma (Keyboard/Perkusi).

Dalam menunjukkan performanya mereka punya dua kekuatan utama. Pertama pemilihan lirik nan puitis, kedua perpaduan magis musik serta warna vokal sang vokalis, Dian Megawati.

Group ini telah memiliki album bertajuk La Marupe. Band ini termasuk salah satu band yang diundang tampil dalam festival musik Soundrenaline 2018 di Bali.

TRENDING

VLOG