Home Teo Assadullah MOBILE LEGEND ( ML ) VS ARENA OF VALOR ( AOV )

MOBILE LEGEND ( ML ) VS ARENA OF VALOR ( AOV )

<1973

 Dunia games sedang diramaikan dengan fenomena game MOBA, mendengar kata MOBA yang dibenak kalian pasti tergambar Mobile Legends, Arena of Valor (AOV) dan masi banyak lagi game yang bergenre MOBA.

Yak, Game bergenre MOBA ini sangat populer dikalangan pengguna android dan banyak sekali game MOBA, tapi kali ini kita hanya akan bahas Arena of Valor & Mobile Legends.

Arena of Valor (AOV) adalah game pertarungan yang Multipemain yang dikembangkan oleh Timi Studio Group, diterbitkan oleh Tencent Games, dan disalurkan oleh Indonesia Garena. game ini pertama dirilis pada 26 November 2015 yang di Indonesia sendiri lebih populer dengan nama Mobile Arena.

Selain AOV ada juga game Mobile Legends. Mobile Legends sendiri juga pertarungan dalam jaringan (daring) yang dalam pertandingannya mengusung Multipemain, game ini dikembangkan dan juga diterbitkan oleh Moonton yang dirilis pada 11 Juli 2016.

Nah, berikut perbandingan pada kedua game yang bergenre MOBA ini.

Arena of Valor (AOV) sendiri jika dilihat dari pengguna yang mengunduh masi kalah dari Mobile Legends yang sudah di download lebih dari seratus juta kali dan sedangkan AOV sendiri hanya di download lebih dari lima juta kali. seperti pantauan Hargo.co.id di Playstore.

Jika dilihat dari Spesifikasi handphone yang dibutuhkan untuk memainkan kedua game online ini. AOV sendiri sudah HD dan hanya butuh RAM 1 GB, jaringan 3G dengan berbekal Ping stabil dikisaran angka 70-80.

Serta tampilan yang cantik membuat player AOV betah berlama-lama di layar kaca HP, AOV juga lebih banyak mengadakan kompetisi dan turnamen, terbukti pada acara Gamescom Arena of Valor 2017 bertempat di Cologne, Jerman. AOV mengundang para legenda game MOBA.

Namun, AOV juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya ukuran penyimpanan yang membutuhkan minimal 1 GB, pilihan Hero yang masih sedikit, berbeda dengan Mobile Legend yang heronya sudah banyak.

Mobile Legends

Mobile Legends, untuk menjalankan game ini pengguna minimal memiliki spek handphone RAM yang berukuran 1 GB, dan lebih hemat penyimpanan dibanding AOV, Mobile Legends hanya membutuhkan penyimpanan ukuran 300 Mb saja.

mobile legend
Jadi, gamer low storage yang tidak dapat mendownload AOV akan mendowload game ini.

Variasi hero dan skin lebih banyak menjadi daya tarik para gamer untuk mendownload game ini, ketimbang AOV yang heronya belum banyak.

Namun, ML juga menyimpan beberapa kekurangan, yang pertama tampilan yang kurang cantik dan gambar tidak begitu mendetail, sedikit turnamen yang diselenggarakan oleh Mobile Legends, walaupun banyak user, game ini sarat akan turnamen dan hadiah-hadiah besar.

ML juga tersandung masalah pelanggaran hak cipta. dituntut hak cipta oleh Riot Games, Dev. League of Legend, Riot Games (dev LOL) dengan resmi melemparkan tuntutan Hukum untuk Moontoon karena dianggap Riot telah menggunakan banyak gameplay serta interface yang dicuri dari LoL.

Riot sempat menghubungi Moonton terkait masalah ini sejak lama, namun tidak ditanggapi secara serius oleh Moontoon. Riot pun sempat melaporkan Game Mobile Legends : 5 vs 5 ke play store, dan akhirnya game itu ditarik dari peredaran. Namun, Moontoon tetap bersikeras dengan merilis game dengan nama yang hampir mirip : Mobile Legends : Bang Bang. seperti dilansir dari dericksoft.com (hargo)

Mana yang lebih baik ?

TRENDING

VLOG