Home Al Jazeera Indonesia Jejak Ayah Prabowo Di Sumatera Barat

Jejak Ayah Prabowo Di Sumatera Barat

<1146

Derasnya dukungan, baik di dunia maya maupun dunia nyata, membuktikan bahwa ketokohan dan kharisma Prabowo patut diakui. Antusias sambutan dari masyarakat di sejumlah wilayah yang pernah dikunjungi mantan pendiri dan pemimpin unit Detasemen 81/Penanggulangan Teror yang dikenal sebagai Gultor 81 itu memang cukup membuat resah kubu 01.

Peneliti sejarah Sumatera Barat, Maiza Elvira, menyebutkan di panggung sejarah, masyarakat Sumatera Barat memang memiliki keterikatan dengan ayah Prabowo Subianto yaitu, Soemitro Djojohadikusumo. Dia adalah tokoh yang mendukung perlawanan masyarakat Sumatera Barat dalam aksi protes dan tuntutan penerapan otonomi daerah atau yang dikenal dengan PRRI pada tahun 1957.

Soemitro menurut Maiza Elvira, juga menjadi salah satu orang yang menggagas Negara Minangkabau di tahun-tahun terjadinya perang tersebut, meski kemudian tidak terealisasi. Bersama-sama dengan Bung Hatta, Soemitro memberikan dukungan penuh perjuangan masyarakat Sumatera Barat dalam menuntut pemerintah pusat yang saat itu dipimpin oleh Soekarno untuk menepati janjinya yaitu menerapkan sistem otonomi daerah, karena adanya kesenjangan pembangunan yang terjadi antara pulau Jawa, dan daerah luar pulau Jawa.

TRENDING

VLOG