Home Al Jazeera Indonesia Jokowi Janji Tak Bagi-Bagi Kekuasaan, Tapi Banyak Kursi Mentri dan BUMN Yang Diduduki Relawannya

Jokowi Janji Tak Bagi-Bagi Kekuasaan, Tapi Banyak Kursi Mentri dan BUMN Yang Diduduki Relawannya

<1084

Saat sebelum jadi presiden jokowi berjanji tak akan bagi-bagi jabatan dan membuat kabinet ramping. Janji ini seperti angin surga bagi masyarakat kala itu.

Saat ini media mainstream berhasi mencitrakan jokowi seolah-olah jokowi adalah sosok revolusioner dan pembaharu. (SumberĀ https://nasional.kompas.com/read/2014/04/16/0750206/Jokowi.Janji.Bangun.Kabinet.Kerja.Bukan.Kabinet.Bagi-bagi.Kursi)

Namun pada kenyataannya jauh oanggang dari api, kecerdikan jokowi mengingkari janji nyaris tak bisa disafari oleh banyak orang.

Jokowi ingkar janji, justru di masanya berkuasa banyak sekali kursi pejabat diduduki oleh para pendukung dan relawannya.

BUMN menjadi pos-pos jokowi membagi kekuasaannya. Banyak sekali para relawan jokowi yang duduk sebagai Komisaris hingga direksi di BUMN.

"Hendaknya jabatan-jabatan itu diisi oleh profesional bukan bagi-bagi kekuasaan, bukan bagi-bagi kue. Kalau yang dilakukan bagi-bagi kekuasaan karena teman, saudara, kerabat, kroni dan sebagainya, maka yang hancur bukan hanya BUMN, maka bangsa ini akan hancur," kata Riza. (SumberĀ https://nasional.kompas.com/read/2018/07/20/20284451/di-zaman-jokowi-banyak-jabatan-strategis-diisi-pendukung-dan-kerabat)

Oleh sebab itu banyak politisi membelot mendukung jokowi yang sebelumnya sebagai oposisi karena tergiur jabatan (https://m.detik.com/news/berita/d-4123395/ngabalin-jadi-komisaris-ap-i-elite-pd-rezim-bagi-bagi-kursi)

Tak cukup bagi-bagi kursi jabatan di kementrian dan BUMN, jokowi juga bagi jatah kekuasaan di Kedutaan Besar. Beberapa relawan ditunjuk sebagai Duta Besar (https://nasional.tempo.co/amp/748312/relawan-jokowi-jadi-dubes-istana-bukan-bagi-bagi-jabatan)

Itulah jokowi, lain dijanji lain diperbuatan, janji bagai angin surga namun kenyataannya sangat pahit.

https://news.okezone.com/amp/2015/01/12/337/1090872/bagi-bagi-kekuasaan-jokowi-dinilai-bohongi-publik

TRENDING

VLOG